Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Negara Bagian India Larang Siswa Sekolah Bawa Tas Terlalu Berat

Kompas.com - 27/07/2015, 17:09 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah negara bagian di wilayah barat India memutuskan anak-anak di negara bagian itu tidak boleh membawa tas sekolah yang beratnya lebih dari 10 persen berat badan mereka untuk mencegah munculnya cedera.

Para pejabat di negara bagian Maharashtra memperingatkan bahwa tas yang terlalu berat membuat anak-anak lelah dan merusak tulang mereka.

Para guru diminta untuk menimbang tas siswa di sekolah, tetapi negara bagian tersebut tidak menentukan hukuman yang akan diberikan jika aturan tersebut dilanggar.

Para siswa sekolah di India sering berada di bawah tekanan yang besar untuk meraih sukses dan membawa materi pelajaran tambahan dari kelas ke kelas.

"Kami telah menemukan tas yang beratnya 20 sampai 30 persen (dari berat badan anak-anak) karena buku tulis yang tebal, buku pelajaran, alat tulis yang tidak dibutuhkan, dan bahkan kosmetik," tulis Nand Kumar dalam peraturan tertulis yang diberitakan AFP.

Selain itu, pemerintah juga meminta sekolah menyediakan air bersih untuk minum, makanan, serta memberikan ruang penyimpanan lebih banyak untuk buku para siswa.

"Saya senang mengetahui bahwa sekarang kita akan membawa tas sekolah yang lebih ringan," kata salah seorang siswa kepada the Daily News & Analysis.

"Biasanya, setelah sekolah, saya tidak punya tenaga untuk bermain atau belajar, tetapi sekarang saya berjalan pulang ke rumah dengan riang dan tas yang lebih ringan," ujar siswa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com