Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WTO Sepakat Hapus Bea Impor Produk Teknologi

Kompas.com - 25/07/2015, 04:07 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Perdagangan Dunia, WTO, mengatakan para anggotanya sepakat untuk menghapuskan bea impor senilai 1,3 triliun dollar AS untuk produk-produk teknologi.

Dirjen WTO, Roberto Acevdeo, menyambut baik langkah yang menurutnya akan menciptakan lapangan kerja dan menurunkan harga produk teknologi.

"Menghapuskan tarif perdagangan sebesar ini akan memiliki dampak besar," tambahnya.

Kesepakatan Jumat 24 Juli itu mencakup 200 produk dengan nilainya mencapai sekitar 7 persen dari total perdagangan dunia saat ini.

Tahun depan masing-masing negara akan mulai mengurangi bea atas produk-produk tersebut, antara lain layar sentuh, permainan komputer, GPS, dan peralatan kesehatan.

"Ini lebih besar dari perdagangan global dalam produk-produk otomotif atau perdagangan tekstil, pakaian, besi, dan baja jika digabungkan," seperti tertulis dalam pernyataan WTO.

Rincian kesepakatan menyeluruh baru akan diungkapkan pekan depan namun WTO mengatakan bahwa penghapusan bea akan dicapai dalam waktu tiga tahun.

Kesepakatan ini merupakan perluasan dari sebuah pakta yang dicapai tahun 1996 oleh 81 anggota WTO, yang disebut dengan Kesepakatan Teknologi Informasi, ITA.

Tahun 2012 lalu, para negara anggota berpendapat bahwa kondisi baru untuk ITA dibutuhkan karena inovasi dan perkembangan teknologi yang drastis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com