Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Tembak Mati Seorang Palestina di Tepi Barat

Kompas.com - 23/07/2015, 15:10 WIB

HEBRON, KOMPAS.com - Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina dalam sebuah operasi penangkapan di Tepi Barat yang diduduki pada hari Kamis (23/7/2015), kata seorang karyawan rumah sakit. Kematian tersebut merupakan yang kedua dalam waktu 24 jam.

Falah Abu Maria, 50 tahun, ditembak di dada di desa Beit Omar di dekat kota Hebron, kata sejumlah tetangga. Menurut para tetangga itu, Maria telah turun dari tangga rumahnya untuk melihat apa yang terjadi ketika pasukan Israel itu menyerbu untuk menangkap putranya, Mohammed.

Pihak rumah sakit mengatakan, putranya yang berusia 24 tahun dirawat karena luka tembak di kaki.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan, dalam penyergapan untuk menahan Mohammed, yang dicari atas dugaan pelanggaran keamanan, "pasukan diserang oleh  massa." Dia mengatakan, seorang pria menyerang seorang prajurit yang dalam menanggapi hal itu menembak pria itu di tubuh bagian bawah. Menurut jurubicara itu, orang yang terluka tersebut dibawa ke rumah sakit.

Juru bicara itu tidak bisa mengkonfirmasi identitas pria yang ditembak tetapi mengakui bahwa tersangka yang dicari itu tidak ditahan.

"Saat pasukan itu meninggalkan lokasi, mereka diserang sekali lagi oleh massa yang melemparkan batu dan batu bata kepada mereka," tambahnya. "Pasukan tersebut membalas dengan tembakan ke arah penghasut utama." Dia mengatakan bahwa seorang tentara "luka ringan" akibat lemparan batu itu.

Insiden tersebut mirip dengan peristiwa pada Rabu kemarin di dekat kota Jenin di Tepi Barat, di mana tentara menembak mati Mohammed Alawneh, 22 tahun, dalam bentrokan yang terjadi setelah serangan dan pencarian di beberapa rumah di desa Birqin. Alawneh ditembak di dada dan meninggal tak lama setelah tiba di rumah sakit di Jenin, kata sumber medis Palestina. Penembakan itu terjadi setelah berminggu-minggu terjadi kekerasan level rendah di wilayah Palestina yang diduduki itu, dan di tengah operasi penangkapan reguler Israel.

Bulan lalu, tentara Israel menembak mati seorang Palestina yang melepaskan tembakan ke arah tentara di sebuah pos pemeriksaan di Lembah Yordan.  Juga pada Juni, seorang Palestina menikam seorang polisi Israel di Kota Tua Yerusalem timur yang ditelah dianeksasi Israel, sebelum ditembak dan terluka.

Pekan lalu, Israel menangkap lima warga Palestina yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan seorang Israel yang ditembak di dalam mobilnya di Tepi Barat yang diduduki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com