Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Serukan Pemimpin Dunia Atasi Perubahan Iklim

Kompas.com - 22/07/2015, 13:06 WIB
VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Fransiskus, Selasa (21/7/2015), menyerukan kepada para pemimpin dunia agar mengambil sikap yang sangat kuat mengenai perubahan iklim pada Pertemuan Puncak PBB tahun ini di Paris.

Paus mengatakan demikian pada konferensi Vatikan yang dihadiri puluhan wali kota dan gubernur dari yurisdiksi utama dunia, yang menandatangani pernyataan bersama yang menuntut tindakan atas pemanasan sedunia yang diakibatkan kegiatan manusia.

Pernyataan itu menyatakan, pertemuan puncak di Paris bulan Desember “kemungkinan adalah kesempatan baik yang terakhir” bagi para pemimpin dunia untuk merundingkan kebijakan lingkungan yang berarti.

“Saya menaruh harapan besar pada pertemuan puncak Paris itu,” kata Fransiskus. “Saya sangat berharap persetujuan yang mendasar dicapai.”

Dalam pidato tanpa teksnya hari Selasa, Paus mengatakan kepada hadirin bahwa ia juga berharap pertemuan puncak itu akan membahas kaitan antara perubahan iklim dan perdagangan manusia. Pernyataan konferensi mengaitkan kedua fenomena, dengan mengatakan bahwa pemanasan global adalah penyebab utama “kemiskinan dan migrasi yang dipaksa” di negara-negara berkembang.

Konferensi Vatikan itu, yang dihadiri oleh 60 pejabat pemerintah dari Amerika Serikat, Eropa, Amerika Selatan, Afrika, dan Asia diadakan hanya beberapa minggu setelah Sri Paus mengeluarkan surat ajaran gereja yang pertama kali dalam sejarah mengenai keprihatinan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com