Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurator Seni di Tiongkok Palsukan 140 Lukisan Mahal

Kompas.com - 22/07/2015, 04:42 WIB

KOMPAS.com - Seorang pria di Tiongkok mengakui telah mencuri lebih dari 140 lukisan karya maestro Tiongkok dan mengganti lukisan-lukisan tersebut dengan lukisan palsu yang ia buat.

Xiao Yuan, 57 tahun, kurator salah satu perguruan tinggi seni di Guangzhou, Tiongkok Selatan, menjual 125 lukisan curian senilai tak kurang dari 6 juta dollar AS.

Lukisan-lukisan ini ia jual antara tahun 2004 hingga 2011 dan hasilnya ia pakai untuk membeli properti dan lukisan lain.

Jaksa mengatakan, 18 lukisan lain yang ia curi bernilai sekitar 12 juta dollar AS, termasuk lukisan karya Zhu Da yang dibuat pada abad ke-17.

Di pengadilan, ia mengaku bersalah dan mengatakan di ruang penyimpanan sudah terdapat beberapa lukisan palsu, sebelum ia memutuskan untuk membuat lukisan tiruan, untuk menggantikan lukisan asli yang ia ambil.

Ia juga mengaku memiliki kunci ruang penyimpanan lukisan dan mengganti karya maestro Zhu Da, Qi Baishi, dan Zhang Daqian dengan lukisan palsu.

Di persidangan, ia juga mengatakan mahasiswa dan dosen bebas meminjam lukisan, sama bebasnya dengan meminjam buku dari perpustakaan universitas.

Kasus pemalsuan lukisan di Tiongkok bukan hal yang aneh, bahkan kantor berita resmi Xinhua pada 2012 memberitakan bahwa pemalsuan karya seni "semakin marak" di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com