Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peselancar Luput dari Serangan Hiu di Afsel

Kompas.com - 21/07/2015, 10:36 WIB
KOMPAS.com - Seorang peselancar Australia menyelamatkan diri setelah berhadapan dengan dua ekor hiu saat berkompetisi di Afrika Selatan.

Mick Fanning sedang mengikuti kompetisi di Jeffreys Bay ketika seekor hiu mendekati papan selancarnya.

“Saya sedang duduk di sana dan merasa sesuatu tersangkut pada tali kaki saya, dan saya mencoba menendangnya,” kata Fanning kepada Fox Sports. Saya melihat sirip. Kemudian saya menunggu melihat gigi.”

Fanning, tiga kali juara dunia, mengatakan “meninju punggung” dan mengagetkan kedua hiu tersebut.

Jeffreys Bay adalah salah satu perairan dengan populasi hiu terbanyak di dunia. Seorang peselancar meninggal akibat diserang hiu putih dekat Jeffreys Bay pada 2013.

Acara itu disiarkan langsung pada televisi. Rekaman kemudian menunjukkan Fanning dan peselancar lainnya Julian Wilson, juga dari Australia, dalam perahu penyelamat.

Keduanya menerima sambutan meriah dari kerumunan pengunjung pantai.

“Saya berenang di laut dan berpikir bagaimana bila hiu itu balik? Jadi saya berputar, untuk melihatnya, dan sebelum saya ketahui, perahu sudah datang, dan jet ski juga sudah datang. Saya tidak percaya,” katanya kepada wartawan yang meliput kompetisi itu.

Ibu Fanning mengatakan sangat ketakutan menyaksikan siaran langsung.

Berbicara dari rumahnya di Gold Coast, Liz Osobrne mengatakan kepada Australian Broadcasting Corp itu adalah “hal terburuk yang pernah saya saksikan terjadi pada keluarga saya karena itu terjadi di depan mata saya”.

Putranya Sean meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1998 namun keluarganya tidak bersamanya pada waktu itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com