Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Klaim Tembak Fregat AL Mesir di Sinai

Kompas.com - 16/07/2015, 21:57 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Kamis (16/7/2015), mengaku bertanggung jawab atas serangan misil yang menghantam sebuah kapal AL Mesir di Sinai Utara.

Kelompok militan yang berafiliasi dengan ISIS mengklaim telah menembakkan sebuah "misil berpemandu" ke arah sebuah fregat AL Mesir di sebelah utara Rafah, yang bertetangga dengan Jalur Gaza.

ISIS bahkan mengunggah tiga foto yang memperlihatkan benda yang nampak seperti sebuah misil anti-tank berpemandu melayang dan menghantam kapal itu lalu menimbulkan bola api raksasa.

Angkatan bersenjata Mesir sebelumnya mengatakan salah satu kapal angkatan laut diserang dan terbakar saat mengejar sekelompok anggota militan. Meski kapal itu terbakar, militer Mesir mengatakan tak ada korban jatuh di pihaknya.

Sejumlah kapal AL Mesir terlihat menolong kapal perang yang terbakar itu. Demikian dilaporkan seorang fotografer AFP yang berada di Jalur Gaza.

Para anggota kelompok militan yang loyal kepada ISIS telah menewaskan banyak tentara dan polisi MEsir di Semenanjung Sinai sejak militer menggulingkan Mohamed Mursi, presiden yang didukung Ikhwanul Muslimin pada 2013.

Kelompok-kelompok militan itu juga kerap menyerang Terusan Suez yang memisahkan Sinai dari wilayah Mesir lainnya.  Militer mengatakan, pada Rabu, mereka berhasil menggagalkan sebuah upaya bom bunuh diri yang menargetkan sebuah pos militer antara Kairo dan Suez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com