Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Irak Hantam Militan ISIS Dekat Ramadi

Kompas.com - 15/07/2015, 09:56 WIB
KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Irak dan pasukan paramiliter pendukungnya menyerang posisi kelompok ISIS, Selasa (14/7/2015) di sekitar Ramadi dalam upaya mereka merebut kembali ibukota Anbar dari kelompok itu, kata para komandan perang.

"Angkatan bersenjata Irak and kelompok Hashed al-Shaabi menghantam posisi ISIS dengan roket-roket dan mortir di Timur, Barat dan Selatan Ramadi," kata seorang pejabat senior angkatan darat.

Pihak berwenang Irak mengumumkan serangan besar untuk “membebaskan Anbar” hari Senin, beberapa jam setelah koalisi yang dipimpin Amerika melancarkan 29 serangan udara di dekat Ramadi.

Juru bicara Pentagon, Mayor Roger Cabiness mengatakan, koalisi meningkatkan serangan udara guna mengimbangi meningkatnya operasi militer Iraq. Operasi yang dilancarkan Irak itu termasuk pasukan Irak serta para pejuang Shiah dan Suni.

Pemerintah Irak mengutamakan pembebasan provinsi Anbar, sejak kelompok ISIS menduduki Ramadi setelah melancarkan serangan bulan Mei yang memicu kecaman terhadap militer dan tanggapannya pada aksi militan itu.

Pasukan-pasukan koalisi pimpinan Amerika meningkatkan operasi mereka untuk membantu Irak. Sebanyak 29 dari 39 serangan udara di Irak, hari Minggu menarget daerah di sekitar Ramadi, di Provinsi Anbar. Sebuah pernyataan Pentagon yang dikeluarkan hari Senin mengatakan, serangan-serangan udara itu merusak 67 pangkalan alat-alat berat, dan kendaraan-kendaraan lapis baja ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com