Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Sepakat Izinkan IAEA Selidiki Program Nuklirnya

Kompas.com - 14/07/2015, 17:14 WIB
VIENNA, KOMPAS.com - Kepala Badan Atom PBB (IAEA), Selasa (14/7/2015), mengatakan telah menandatangani sebuah "peta jalan" dengan Iran yang memungkinan penyelidikan upaya negeri itu mengembangkan persenjataan nuklir.

Yukiya Amano, kepala IAEA, mengatakan berencana melaporkan hasil investigasi terkait program nuklir Iran pada 15 Desember mendatang.

"Saya baru saja menandatangani peta jalan antara Republik Islam Iran dan IAEA untuk klarifikasi berbagai isu di masa lalu dan masa kini terkait program nuklir Iran," ujar Amano di Vienna, Austria.

IAEA sudah lama mencoba menggelar penyelidikan terkait dugaan bahwa hingga 2003, program nuklir Iran kemungkinan memiliki "dimensi militer". Singkat kata, Iran dituding tengah melakukan riset untuk mengembangkan bom nuklir.

Selama ini Iran terus membantah tudingan tersebut karena menganggap informasi itu berdasarkan laporan intelijen musuh-musuh negeri itu untuk IAEA yang dianggap bias. Sejak tahun lalu, rencana penyelidikan IAEA terkatung-katung.

Salah satu yang menjadi ganjalan adalah keinginan IAEA meneliti lokasi-lokasi militer di mana aktivitas yang dicurigai sebagai pengembangan senjata nuklir berlangsung, salah satunya di pangkalan militer Parchin.

"Peta jalan membuka serangkaian kegiatan dalam beberapa bulan ke depan, termasuk penjelasan Iran terkait beberapa isu penting," lanjut Amano.

Sementara itu, kesepakatan lebih luas antara Iran dan enam negara kekuatan utama dunia dijadwalkan bakal diumumkan pada Selasa. Inti dari kesepakatan itu adalah Iran akan mengurangi aktivitas nuklirnya dengan imbalan pencabutan sejumlah sanksi ekonomi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com