Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Gelontorkan Banyak Uang untuk 8 Hal Berikut

Kompas.com - 14/07/2015, 11:11 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


PYONGYANG, KOMPAS.com — Normal saja bagi seseorang menggunakan uangnya membeli barang kesukaannya. Hal itu pun berlaku bagi pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Namun, uang yang digelontorkan Kim untuk membeli 8 hal berikut ini tidak dapat dipercaya.

Ketika banyak rakyat negerinya kelaparan dan hidup dalam kemiskinan, Kim tidak ragu-ragu membelanjakan uang dalam jumlah besar untuk kepentingan pribadinya. Bahkan, laporan bulan lalu menunjukkan bahwa Korea Utara tengah dilanda kekeringan terburuk selama satu abad terakhir yang berpotensi mengakibatkan kekurangan pangan di negeri itu. Berikut ini hal-hal yang merupakan 8 hobi mahal Kim:

Bioskop pribadi

Saat kita mungkin kadang-kadang hanya mengundang beberapa orang untuk menonton home theater di rumah, Kim secara spektakuler bisa mengundang maksimum 1.000 orang ke bioskop pribadinya. Bioskop itu khusus dibangun untuknya. Pemimpin yang disinyalir berumur 32 tahun ini menggelontorkan 200.000 dollar AS untuk membangun bioskop pribadi di kediamannya. Sejumlah petugas yang khusus bekerja untuk mempersiapkan popcorn juga ada di sana. Para pekerja ini tentunya sangat berhati-hati dalam bekerja karena satu popcorn yang terjatuh saja bisa menjadi akhir dari hidup mereka.

Mobil-mobil mahal

Menurut rumor, Kim telah diizinkan ayahandanya, Kim Jong Il, untuk mengemudikan mobil sejak berusia 7 tahun. Dia kemudian menjadi penggemar kendaraan beroda empat dan selalu mendapatkan mobil jenis apa pun yang diinginkannya. Saat ini, dia dilaporkan memiliki koleksi lebih dari 100 mobil. Mobil-mobil dengan merek Mercedes Benz merupakan salah satu kesayangannya.

Piano

Siapa sangka pemimpin brutal yang telah mengeksekusi mati 70 pejabat sejak berkuasa ini merupakan penggemar piano. Jika kita umumnya hanya memiliki 1-2 piano di rumah, Kim mempunyai lebih dari 20 piano yang tersebar di sejumlah kediamannya. Apakah Kim merupakan pemain piano yang andal? Tidak ada yang tahu pasti mengenai ini. Yang pasti, setiap kali berbelanja piano, dia selalu ditemani pekerja yang kelihatannya bertugas untuk menyenangkannya dengan selalu memujinya sebagai pemain piano terbaik di dunia ketika dia memainkan jari-jarinya.

Makanan impor

Setiap kali dia sedang ingin memakan sesuatu, Kim dengan mudah langsung memerintahkan agar makanan itu diimpor. Ketika pemimpin tertinggi itu sedang "ngidam" daging babi, daging itu akan diimpor dari Denmark. Ketika beliau sedang ingin kaviar, jenis makanan itu harus  didatangkan dari Iran, bukan negara lain.

Yacht 7 juta dollar AS

Kim dilaporkan juga membelanjakan lebih dari 7 juta dollar AS untuk sebuah yacht. Kapal itu dilaporkan merupakan salah satu yang termewah yang pernah dibangun Princess, produsen yacht terkemuka dunia. Dengan panjang 100 kaki, yacht itu dilengkapi dengan salon khusus untuk pemimpin muda tersebut. Kim sering menggunakan kapal tersebut ke bagian barat daya negerinya untuk memantau warga yang tinggal di pesisir pantai.

Resor ski Masikryong

Pembangunan resor ski mewah itu menelan banyak dana dan diarahkan untuk meningkatkan industri pariwisata Korea Utara. Mengingat negeri itu jarang sekali dituruni salju, pembangunan resor ski "kelas dunia" itu tergolong cukup konyol. Kim sering menghabiskan waktunya bersantai walau tidak ada salju. Resor ski itu bahkan akan ditutup khusus untuk liburan sang pemimpin. Pada saat seperti itu, tidak ada seorang pun yang diizinkan masuk.

Pelajaran golf pribadi

Kim juga diberitakan sering menghabiskan waktu dengan les golf.

Minuman alkohol impor

Seperti ayahnya, Kim yunior juga merupakan penggemar minuman beralkohol. Dua minuman favoritnya adalah wiski dan cognac. Dia mengimpor ribuan botol minuman jenis itu dari berbagai negara di penjuru dunia untuk memuaskan kegemaran minumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com