Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Memancing Berhadiah Rp 10 Miliar di Australia

Kompas.com - 13/07/2015, 19:15 WIB

DARWIN, KOMPAS.com — Mungkin inilah salah satu lomba memancing termahal di dunia. Di Northern Territory (NT), Australia, seekor ikan barramundi bernilai 1 juta dollar Australia (sekitar Rp 10 miliar) akan menjadi hadiah utama lomba memancing yang bertujuan untuk menarik turis ke kawasan Top End pada musim sepi pengunjung ini.

Kawasan Top End di Northern Territory mengacu kepada daerah bagian atas jika Anda melihat peta Australia. Kawasan ini meliputi wilayah seluas 400 kilometer persegi, termasuk ibu kota Darwin dan dua kota lainnya, Palmerston dan Katherine.

Kompetisi ini diluncurkan Menteri Utama NT Adam Giles. Sekitar 76 ekor barramundi akan dilepaskan di berbagai lokasi memancing di Top End. Seekor di antaranya berhadiah 1 juta dollar Australia, sementara 75 ekor lainnya berhadiah masing-masing 10.000 dollar Australia (sekitar Rp 100 juta).

Giles berharap kompetisi yang disebut "Million Dollar Fish" ini akan menarik perhatian nasional dan internasional dan menjadikan Northern Territory masuk dalam peta dunia sebagai tempat yang menarik untuk memancing.

"Northern Territory  memiliki banyak kawasan memancing terbaik di dunia dan berkesempatan mendapatkan ikan barramundi di kawasan ini akan menjadi salah satu tantangan terbesar." kata Giles.

"Sekarang tantangan itu ditambah lagi dengan kemungkinan hadiah 1 juta dollar," tambahnya.

Musim sepi pengunjung di kawasan Northern Territory adalah antara bulan Oktober sampai Februari. Adam Giles berharap para pemancing ini juga datang bersama keluarga mereka.

"Sekitar 40.000 pengunjung dari negara bagian lain datang ke Top End untuk memancing setiap tahunnya. Namun, kami ingin agar lebih banyak lagi orang datang untuk berlibur dan memancing," kata Giles.

Dia menambahkan, kompetisi ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk mempercepat pembangunan di kawasan utara Australia dan membangun ekonomi bernilai 2,2 miliar dollar Australia pada 2020.

Kompetisi memancing ini akan dimulai pada 1 Oktober 2015 sampai 29 Februari 2016. Bersamaan dengan iklan pariwisata yang diluncurkan pada 2013 berjudul "Do the NT", otoritas wisata negara bagian ini ingin mematahkan pendapat bahwa jarak, harga, dan akses membuat banyak pengunjung ragu-ragu untuk berlibur ke NT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com