Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Korsel Tembaki Pasukan Korut yang Melintasi Zona Demiliterisasi

Kompas.com - 12/07/2015, 11:52 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Pasukan Korea Selatan dikabarkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sejumlah prajurit Korea Utara yang melintasi zona penyangga di perbatasan kedua negara. Demikian ungkap Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Minggu (12/7/2015).

Insiden itu terjadi pada Sabtu (11/7/2015) pagi ketika 10 prajurit Korea Utara melintasi perbatasan di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, yang secara teknis masih berperang.

Namun, inflitrasi singkat di dekat kota Cheorwon, di sebelah timur laut Seoul itu, tidak memicu baku tembak setelah pasukan Korea Utara mundur tanpa melepaskan tembakan balasan.

Zona demiliterisasi (DMZ), tak seperti namanya, merupakan salah satu perbatasan dengan penjagaan terketat dengan dilengkapi persenjataan paling berat di dunia, termasuk menara-menara pengawas bersenapan mesin dan ladang ranjau.

Pernah terjadi insiden kecil semacam ini dan beberapa di antaranya melibatkan baku tembak, termasuk insiden di perbatasan laut kedua Korea dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, insiden ini adalah insiden pertama pada 2015. Prajurit Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan terhadap pasukan Korea Utara yang melintasi DMZ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com