Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Dipindahkan, Para Pedagang Banting Ribuan Semangka di Jalanan Kota Nanjing

Kompas.com - 12/07/2015, 04:30 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

NANJING, KOMPAS.com - Kesal setelah ditegur petugas tata kota karena berjualan sembarangan di salah satu trotoar, para penjual semangka di kota Nanjing mengamuk dan membuang dagangan mereka ke jalan.

Keributan ini yang terjadi pada Jumat (10/7/2015) itu, bermula ketika petugas tata kota Nanjing menerima keluhan warga yang kesal karena para penjual semangka berdagang seenaknya sehingga memenuhi trotoar yang membuat para pejalan kaki kesulitan.

Menerima banyak keluhan warga maka petugas tata kota kemudian turun ke lapangan dan meminta para pedagang semangka itu untuk pindah ke lokasi lain.  Namun, permintaan petugas itu memicu amarah para pedagang semangka yang mengaku sudah bertahun-tahun berjualan di tempat itu.

Para pedagang itu kemudian mengklaim mereka sudah berulang kali meminta izin berdagang namun selalu ditolak pemerintah setempat. Tak menemukan kata sepakat, para pedagang itu semakin kesal lalu mereka melampiaskan kekesalan dengan membanting dagangan mereka ke jalan raya.

Tak cukup dengan membanting ratusan kilogram semangka ke jalanan, beberapa pedagang melemparkan buah itu ke arah mobil-mobil yang melintas di kawasan tersebut. Alhasil, lalu lintas menjadi kacau dan kemacetan tak terelakkan.

Kekacauan lalu lintas itu membuat petugas harus mengendalikan situasi untuk menormalkan kembali arus kendaraan yang terganggu. Beberapa hari kemudian para pedagang semangka menerima peringatan yang kemudian menyita semangka-semangka yang mereka jual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com