Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Berencana Kembali Luncurkan Satelit

Kompas.com - 11/07/2015, 02:46 WIB
KOMPAS.com- India rencananya akan meluncurkan lima satelit asing ke orbit dengan tujuan untuk mengamati Bumi. Kelima satelit itu dibuat di Inggris.

Satelit itu diberi nama Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) memiliki ketinggian setara dengan gedung 15 lantai dengan berat 320 ton.

Dengan menggunakan PSLV ini, India akan meluncurkan satelit seberat 1.440 kilogram. Ini dipercaya akan menjadi misi "terberat" negara itu.

Hingga kini, India telah meluncurkan 40 satelit dari 19 negara.

Dengan organisasi riset luar angkasa, Indian Space Research Organisation atau ISRO, India kini sedang bangkit menjadi salah satu pemain utama dalam perjalanan ruang angkasa yang bernilai miliaran dolar.

Roket yang membawa satelit ini akan diluncurkan dari pusat peluncuran Sriharikota di negara bagian Andra Pradesh pada Jumat (10/07) malam waktu setempat.

Proyek PSLV sejauh ini telah sukses meluncurkan lebih dari 65 satelit, termasuk 40 di antaranya buatan asing, menuju luar angkasa.

Pada tahun 2008 ISRO sukses meluncurkan 10 satelit dalam sebuah misi tunggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com