Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Diberi Tenggat Sampai Beberapa Jam Mendatang

Kompas.com - 10/07/2015, 01:01 WIB

KOMPAS.com - Yunani diberi waktu hingga akhir hari Kamis (9/7/2015) waktu setempat, untuk menyajikan proposal baru guna mendapat dana talangan dari kreditor. Dengan demikian, Yunano tak perlu keluar dari eurozone.

Perdana Menteri Alexis Tsipras mengatakan "jam-jam berikut ini akan sangat berarti".

Kabinet yang dipimpinnya akan bertemu untuk mendiskusikan proposal yang akan diajukan ke kreditor pukul 22.00 GMT hari Kamis.

Proposal ini akan dipelajari oleh Menteri Keuangan eurozone pada hari Sabtu dan pada pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa hari Minggu.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, yang akan memimpin sidang eurozone, mengatakan bahwa ia sudah bicara dengan Tsipras. Donal Tusk berharap menerima "proposal yang kongkret dan realistis dari Athena".

Meskipun demikian, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa "potongan rambut klasik" (yang artinya mengurangi nilai utang Yunani) adalah "hal yang mustahil" baginya.

Bicara di Sarajevo, Merkel mengatakan eurozone telah berurusan dengan soal keberlangsungan utang pada tahun 2012.

Ia menggambarkan pertemuan tingkat tinggi hari Minggu ini amat menentukan dan penting. "Kita tak boleh lupa bahwa rakyat Yunani sedang menderita saat ini," katanya.

Pemerintah Yunani sementara ini memperpanjang penutupan bank dan membatasi penarikan uang hingga 60 euro per harinya sampai hari Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com