Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harriyadi Irawan Mahasiswa Internasional Paling Inspiratif di Australia 2015

Kompas.com - 09/07/2015, 11:58 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com - Para mahasiswa Indonesia di Australia kembali menunjukkan prestasi membanggakan. Dalam malam penghargaan Dewan Mahasiswa Internasional Australia di Melbourne, Rabu (8/7/2015) malam, Harriyadi Irawan terpilih sebagai mahasiswa internasional paling inspiratif tahun 2015.

Selain itu juga, PPIA (Persatuan Pelajar Indonesia Australia) kepengurusan 2014-2015 terpilih sebagai Organisasi Mahasiswa Internasional Terbaik Tahun 2015.

Harriyadi Irawan adalah mahasiswa dari William Angliss Institute di Melbourne, dan sebelumnya di tahun 2014 sudah juga terpilih sebagai mahasiswa internasional terbaik se Negara Bagian Victoria.

Dalam keterangannya kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia, L. Sastra Wijaya, Harriyadi Irawan mengatakan dia tidak menduga akan terpilih sebagai pemenang.

"Saya tidak menduga sama sekali. Saya sudah diberitahu menjadi pemenang beberapa hari sebelumnya agar saya mempersiapkan diri untuk membuat pidato penerimaan penghargaan," kata Harriyadi yang berasal dari Pontianak (Kalimantan Barat) tersebut.

Menjawab pertanyaan mengenai faktor yang menurutnya menjadikannya menang sebagai mahasiswa internasional paling inspiratif, Harriyadi mengatakan adanya beberapa hal.

"Saya bisa menunjukkan kalau saya bisa bagus secara akademis, berkontribusi ke sekolah secara nasional dan international, melakukan kegiatan relawan (volunteer) berkelanjutan tanpa jeda dan menjadi  contoh  yang baik bagi mahasiswa internasional lain secara seimbang," katanya.

Dalam pidatonya, Harriyadi mengatakan bahwa pencapaian yang dilakukannya ini tidak mungkin terjadi tanpa adanya bantuan dari orang lain.

"Oleh karenanya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan keluarga saya di Pontianak dan warga lainnya di Indonesia," kata pemuda berusia 32 tahun tersebut.

Apakah dengan penghargaan ini, Harriyadi merasa semakin memiliki beban?

"Saya tidak merasa terbebani tetapi memiliki tanggung jawab untuk selalu berbuat baik dan menjadi yang lebih baik setiap hari bagi diri sendiri dan orang lain," katanya.

"Kadang melakukan sesuatu yang baik tidak perlu yang besar untuk outcome yang besar," ujarnya.  

"Sesuatu yang baik bisa dimulai dari melakukan sesuatu yang sederhana. Bagi saya seseorang yang bisa tersenyum dan berterima kasih atas kebaikan kita sudah lebih dari cukup untuk menunjukan kalau apa yang kita lakukan sangat luar biasa," kata Harriyadi Irawan lagi.

Sementara itu, PPIA kepengurusan periode 2014-2015 berhasil memenangkan penghargaan sebagai Organisasi Mahasiswa Internasional Terbaik di Australia dari Dewan Mahasiswa Internasional Australia (CISA).

"Kami bersyukur dipilih menjadi asosiasi pelajar internasional terbaik di Australia tahun 2015. Hal ini tidak terlepas dari jerih-payah dan kontribusi seluruh elemen PPIA selama ini," kata Ketua PPIA 2014-2015 Ahmad Almaududy Amri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com