Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Kekeringan Terburuk, Korut Peringati 21 Tahun Wafatnya Kim Il Sung

Kompas.com - 08/07/2015, 18:48 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memperingati 21 tahun kematian kakek dan pendiri negeri itu, Kim Il Sung, dengan mengunjungi mausoleum yang menyimpan jasad sang kakek. Kim Jong Un bersama puluhan jenderal mengunjungi Istana Matahari Kumsusan di Pyongyang, Rabu (8/7/2015).

Kunjungan ini berbarengan dengan permohonan Pemerintah Korea Utara kepada PBB untuk menyediakan bantuan medis untuk negeri yang tengah menghadapi musim kemarau terburuk dalam satu abad terakhir.

Baik China maupun Iran sudah menyatakan kesiapan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Korea Utara, sementara Korea Selatan menjanjikan bantuan jika Pemerintah Korea Utara memublikasikan permohonan bantuan itu.

Sementara itu, badan PBB urusan anak-anak, Unicef, mengatakan, kekeringan parah yang melanda Korea Utara membuat anak-anak negeri itu menghadapi risiko serius terpapar penyakit dan kekurangan gizi.

Dalam pernyataannya, Unicef mengatakan, telah terjadi peningkatan kasus diare di antara anak-anak, terutama di daerah yang paling parah dilanda kekeringan. Terlebih lagi, akses warga untuk mendapatkan air bersih dan sanitasi sangat buruk.

"Minimnya hujan mengurangi akses untuk mendapatkan air bersih yang membahayakan kesehatan. Kondisi ini membuat kesehatan anak-anak sangat berisiko," kata Direktur Regional Unicef, Daniel Toole.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Korea Utara mengatakan, negeri itu kini tengah menghadapi musim kemarau terburuk dalam satu abad terakhir. Kondisi ini sangat merugikan kawasan-kawasan pertanian negeri itu.

Kekeringan ini juga mengakibatkan gangguan pasokan listrik untuk negeri itu. Sebab, Korea Utara sangat bergantung pada pembangkit listrik tenaga air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com