Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditelantarkan Orangtua, Bocah Ini Tinggal di Kandang Babi

Kompas.com - 08/07/2015, 04:30 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Para pekerja sosial di provinsi Henan, China, menghadapi sebuah situasi yang mengenaskan saat mereka menemukan seorang bocah laki-laki berusia tujuh tahun tinggal di kandang babi dan tak mampu berkomunikasi dengan manusia.

Ditemukannya bocah malang itu terjadi ketika para pekerja sosial mengunjungi kediaman keluarga bocah ini di kota Fangyu, provinsi Henan, China.

Dari sejumlah keterangan yang dihimpun dari warga setempat, bocah kecil bernama Hongbo itu sebenarnya memiliki tiga saudara. Namun, ketiganya meninggal dunia karena ditelantarkan orangtuanya.

Ibu Hongbo kemudian masih melahirkan seorang anak lagi, yang kemudian langsung diambil sang bibi tak lama setelah dilahirkan. Kondisi mengenaskan Hongbo itu awalnya tercium saat foto bocah tersebut saat sedang menunggangi seekor babi di peternakan milik orangtuanya tersebar di internet.

Media setempat kemudian melacak keberadaan bocah ini. Setelah kediaman bocah ini diketahui, media mendapatkan informasi dari para tetangga yang mengungkap bahwa bocah berusia tujuh tahun itu bernama Liu Hongbo. Dia kerap terdengar menangis karena dipukuli ibunya.

"Saat seorang tetangga meminta si ibu untuk berhenti memukuli anak itu, dia hanya tersenyum seolah tak terjadi apa-apa. Dia kerap memukuli anak itu," kata seorang warga.

Saat Hongbo ditemukan para pekerja sosial, dia sedang tidur di atas tumpukan kain di dalam sebuah kandang babi yang kosong. Tubuh bocah itu sangat kotor dan bahkan tubuhnya mengeluarkan aroma babi.

Meski menemukan kondisi Hongbo yang sangat mengenaskan itu, para pekerja sosial tak bisa membawanya pergi. Sebab, mereka membutuhkan izin pemerintah kota sebelum bisa melakukan intervensi.

Saat ditemukan, tak hanya kotor dan bau, Hongbo juga tak bisa berbicara. Namun, sejumlah ahli mengatakan, jika Hongbo kembali ditempatkan di lingkungan yang normal maka dia bisa kembali mempelajari kemampuan untuk berbicara.

Sejumlah laporan media setempat mengabarkan, kini Hongbo sudah dikirim untuk tinggal bersama bibinya dan akan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com