Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ekor Lebah Serang Pesawat Terbang di Rusia

Kompas.com - 08/07/2015, 00:04 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Ribuan ekor lebah diketahui telah menyerang sebuah pesawat terbang di sebuah bandara di kota Moskwa, Rusia.

Pasukan lebah ini menyerbu sebuah pesawat Airbus-319 di saat pesawat itu baru akan melakukan taxi sebelum tinggal landas dari bandara Vnukovo, Moskwa untuk penerbangan menuju St Petersburg.

Lebah-lebah itu terbang dari bawah sayap pesawat, demikian dijelaskan seorang saksi mata. Sejumlah lebah kemudian "menempel" di sayap pesawat sementara sisanya menutup beberapa jendela pesawat milik maskapao Rossiya Airlines.

Pengelola bandara kemudian memanggil dua ambulans dan tim medis, karena khawatir lebah-lebah itu memasuki kabin penumpang.

Sengatan lebah bisa menyebabkan syok untuk orang-orang yang memiliki alergi. Lebah juga mengeluarkan feromon saat menyengat sehingga memicu lebah-lebah lain di sekitarnya untuk ikut menyerang.

Staf bandara kemudian bisa menyingkirkan para lebah dari badan pesawat dengan cepat dan efisien. Meski sejauh ini belum diperoleh informasi bagaimana cara mereka menyingkirkan ribuan lebah tersebut.

Akibat serangan ribuan lebah itu, maka penerbangan Rossiya Airlines dari Moskwa menuju St Petersburg tertunda selama satu jam.

Ini bukanlah kali pertama sekelompok lebah mengganggu penerbangan. Pada April lalu, sekelompok besar lebah memaksa sebuah pesawat milik Allegiance Airlines yang sedang terbang menuju Minnesota mendarat.

Kumpulan lebah itu menutupi kaca depan pesawat sehingga mengganggu pandangan pilot, sementara sebagian lainnya tersedot ke dalam mesin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com