Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Kembali Terjadi di Nigeria, 20 Tewas

Kompas.com - 07/07/2015, 22:42 WIB

ABUJA, KOMPAS.com — Sedikitnya 20 orang tewas dalam sebuah serangan bom di kota Zaria, Nigeria utara. Demikian dijelaskan Gubernur Negara Bagian Kaduna, Nasir El-Rufa'i, Rabu (8/7/2015).

Para saksi mata mengatakan, seorang pengebom bunuh diri menyerang sebuah gedung milik pemerintah. "Saya sedih dengan serangan bom teroris yang menewaskan 20 orang di Sabon Gari Zaria," tutur El-Rufa'i lewat pesan Twitter.

Serangan ini terjadi hanya dua hari setelah aksi bom bunuh diri di kota Jos, Nigeria tengah, yang menewaskan 44 orang dan melukai lebih dari 40 lainnya. Pekan lalu, beberapa aksi kekerasan juga terjadi di berbagai tempat di Nigeria, dengan korban jiwa mencapai sedikitnya 200 orang.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi pada bulan puasa meski kelompok militan Boko Haram diketahui kerap sering melakukan serangan maut di Nigeria utara.

Serangan terbaru ini terjadi sehari setelah kepala kepolisian Nigeria, Solomon Arase, mengumumkan sejumlah langkah baru untuk menangani meningkatnya pengeboman di negara itu.

Langkah tersebut antara lain melarang para penjual di jalan-jalan raya di ibu kota Abuja serta memperkuat keamanan di masjid maupun gereja di kawasan pedesaan.

Pemerintah Nigeria sudah menggelar operasi untuk melawan kelompok militan sejak tahun 2009, yang kembali ditegaskan oleh Presiden Muhammadu Buhari, yang terpilih bulan Mei lalu, tetapi tampaknya hingga saat ini belum berhasil sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com