Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Tentukan Nasib Bank-bank Yunani Minggu Ini

Kompas.com - 07/07/2015, 13:25 WIB
KOMPAS.com — Semua mata mengarah ke Yunani yang dibebani utang dan di luar negara itu terpusat pada KTT Uni Eropa yang kemungkinan akan berisi perdebatan untuk menentukan apakah bank-bank Yunani buka pekan ini atau tetap tutup.

Tekanan memuncak hari Senin (6/7/2015) terhadap Athena, ketika satu dari kreditor utamanya, Bank Sentral Eropa, memutuskan untuk tidak meningkatkan kredit darurat kepada bank-bank Yunani.

Tanpa pertolongan dari luar, bank-bank tersebut diperkirakan akan kehabisan uang tunai paling awal Rabu, dan Athena diperkirakan akan gagal membayar angsuran pinjaman kepada para kreditor Eropa bulan ini.

Kanselir Jerman Angela Merkel, ketika berbicara hari Senin di Paris dengan didampingi Presiden Perancis Francois Hollande, memberi tekanan kepada para pemimpin Yunani agar mengajukan apa yang disebutnya “saran yang sungguh-sungguh dan layak dipercaya supaya keinginan untuk tetap berada dalam zona euro dapat diwujudkan”.

Merkel berbicara hanya beberapa jam setelah rakyat Yunani dengan suara yang sangat besar menolak babak baru langkah penghematan yang dituntut oleh para kreditor Eropa sebagai imbalan pengucuran lebih jauh paket dana talangan 17,5 milar dollar AS yang disetujui sebelumnya tahun ini.

Tanpa persetujuan, para analis mengatakan, krisis itu dapat memaksa Yunani keluar dari blok mata uang zona euro yang beranggotakan 19 negara itu, yang akan menjadi negara pertama yang keluar dalam sejarah 16 tahun zona euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com