Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Kuasai Lagi Kota Suriah Utara dari Kurdi

Kompas.com - 07/07/2015, 09:00 WIB
KOMPAS.com - Milisi kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS dilaporkan kembali menguasai sebuah kota di dekat wilayah mereka di Suriah utara, Raqqa, dari pasukan pimpinan Kurdi.

Badan pengawas Suriah yang bermarkas di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, menyatakan kaum jihad menguasai Ain Issa dan desa-desa di dekatnya sebelum Senin (6/7/2015) siang.

Namun seorang juru bicara Kurdish Popular Protection Units (YPG) mengatakan mereka masih terus melawan serangan ISIS. Pejuang YPG dan pemberontak sekutu Suriah baru saja menguasai Ain Issa dua minggu lalu.

Kota yang hanya berada 50 km di utara Raqqa tersebut berada di persimpangan jalan utama dari wilayah de facto 'kekhalifahan' yang dinyatakan ISIS, dengan daerah yang mereka kuasai di Provinsi Aleppo, ke arah barat dan Provinsi Hassakeh, ke timur.

Dalam beberapa minggu terakhir, ISIS melancarkan sejumlah serangan balasan mematikan terhadap pihak Kurdi.

Sebelumnya kelompok jihad itu tersebut mengalami serangkaian kekalahan di daerah sepanjang perbatasan Turki sejak dipaksa mundur dari kota Kobane pada Januari.

Syrian Observatory menyatakan milisi ISIS menguasai kembali Ain Issa dan wilayah sekitarnya secara penuh pada hari Senin sebagai bagian dari serangan skala besar di Provinsi Raqqa dan Hasakeh.

Puluhan pejuang YPG dan pemberontak tewas dan terluka, tambah kelompok tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com