Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perceraian Meningkat di China 'akibat' Media Sosial

Kompas.com - 07/07/2015, 08:07 WIB
KOMPAS.com - Penggunaan media sosial yang semakin berkembang di China dituding menjadi salah satu penyebab dari meningkatnya perceraian, seperti disebut dalam sebuah laporan kantor hukum.

Selama beberapa tahun belakangan tingkat perceraian meningkat di negara itu, dengan angka 2 persen tahun 1970-an namun kini mencapai satu dari empat perkawinan.

Laporan kantor hukum Shuangli di Beijing, yang antara lain menangani kasus perceraian, menyebut 9 dari 10 perceraian mencakup pertengkaran yang dipicu oleh media sosial.

Salah seorang pengacara di kantor hukum Shuangli, Liu Lin, seperti dikutip media resmi, Xin Hua, mengatakan pasangan yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk ngobrol di internet dan bukan ngobrol antara mereka berdua, menghadapi risiko untuk bercerai.

Para pengamat berpendapat peningkatan perceraian mencerminkan modernisasi di kalangan masyarakat China.

Pasangan di kota-kota besar memiliki lebih banyak pilihan dan memiliki harapan yang lebih tinggi sementara mereka tidak terlalu khawatir lagi atas pandangan masyarakat.

Bagaimanapun reaksi di media sosial atas laporan tersebut beragam, seperti dilaporkan wartawan BBC untuk kawasan Asia timur, Jill McGivering.

Ada yang berpendapat bahwa menyalahkan media sosial sebagai penyebab perceraian sebagai omong kosong sedang yang lainnya mengatakan kalau seseorang mencari teman di internet maka memang sudah ada masalah dalam perkawinan bersangkutan.

Laporan itu juga mengangkat masalah lain, yang disebut 'perceraian palsu' sebagai cara untuk mengakali peraturan dalam kepemilikan barang dan pendidikan.

Mereka mengutip satu pasangan yang ingin mendapatkan dokumen kediaman di Beijing agar anak mereka bisa masuk sekolah di ibukota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com