Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AD Mesir Klaim Tewaskan 241 Anggota Militan pada Pekan Pertama Juli

Kompas.com - 06/07/2015, 21:45 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Angkatan Darat Mesir, Senin (6/7/2015), mengklaim telah menewaskan 241 anggota kelompok militan dalam kurun waktu 1-5 Juli di Semenanjung Sinai. Di antara anggota militan yang tewas, terdapat sejumlah anggota ISIS yang menggelar serangan dahsyat pada pekan lalu.

Mesir mengerahkan militernya secara besar-besaran ke Semenanjung Sinai. Pasukan negeri itu sudah memerangi pemberontakan militan Islam sejak tergulingnya Muhammad Mursi dari kursi presiden pada Juli 2013.

Pada 1 Juli, kelompok militan yang berafiliasi dengan ISIS menggelar serangan kilat ke kota Sheikh Zuweid, Sinai Utara, yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Militer Mesir menyatakan, setidaknya 21 prajuritnya tewas dalam serangan tersebut, sementara media mengabarkan jumlah korban yang jauh lebih besar dari klaim militer.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis juru Angkatan Darat Mesir, selain menewaskan 241 orang anggota kelompok militan, empat tokoh militan yang lama dicari dan 29 terduga teroris juga ditangkap.

Selain itu, militer Mesir juga meledakkan sejumlah bom yang ditemukan dalam operasi itu, sedangkan 26 unit mobil dan 28 sepeda motor milik kelompok militan dihancurkan.

Sementara itu, lewat akun resminya di Facebook, militer Mesir juga mengunggah sejumlah foto jasad para anggota militan yang tewas dalam baku tembak. Beberapa jasad bahkan dipajang di atas tank milik AD Mesir.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com