Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Irak Tak Sengaja Jatuhkan Bom ke Kota Baghdad, 7 Tewas

Kompas.com - 06/07/2015, 17:46 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Akibat kesalahan teknis, sebuah bom yang dibawa sebuah pesawat jet tempur Sukhoi Su-25 milik AU Irak tanpa sengaja jatuh di sisi timur kota Baghdad dan menewaskan tujuh orang. Demikian penjelasan aparat keamanan dan medis, Senin (6/7/2015).

"Salah satu bom macet karena kesalahan teknis. Saat pesawat itu kembali ke pangkalan, bom itu malah jatuh menimpa tiga rumah di kawasan Jadida, Baghdad," kata juru bicara militer Brigadir Jenderal Saad Maan.

"Pesawat tempur itu sedang dalam perjalanan pulang setelah melakukan operasi pengeboman," kata Jenderal Maan.

Angkatan bersenjata Irak menerima sejumlah jet Sukhoi Su-25 dari Rusia tahun lalu sebagai bagian penambahan kekuatan angkatan udara dalam upaya memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang kini menguasai sebagian wilayah negeri itu.

Sukhoi Su-25 adalah pesawat tempur canggih yang dirancang untuk melakukan serangan terhadap sasaran di darat. Namun, armada Sukhoi milik Irak terdiri dari pesawat-pesawat berusia tua yang digunakan melebihi kapasitas dalam perang melawan ISIS.

Sementara itu, AS sudah sepakat untuk menjual 35 buah jet tempur F-16. Namun, hingga saat ini, belum satu pun pesawat itu yang dikirim ke Irak. Gelombang pertama jet-jet F-16 pesanan Irak itu sebenarnya sudah diterbangkan ke Arizona, tempat para pilot angkatan udara berlatih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com