Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Gunakan Algojo Remaja untuk Eksekusi 25 Prajurit Suriah

Kompas.com - 05/07/2015, 02:48 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebuah video terbaru yang dirilis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menampilkan 25 prajurit Suriah dieksekusi dengan cara ditembak di kota kuno Palmyra.

ISIS mengatakan, ke-25 prajurit itu tertangkap di kota Homs, Suriah. Mereka kemudian dibawa ke kota Palmyra sebelum dieksekusi di amfiteater kuno yang ada di kota tersebut.

Eksekusi yang direkam dalam video itu diduga terjadi pada 21 Mei lalu tak lama setelah ISIS menguasai kota Palmyra. Selain diunggah ke internet, eksekusi ini juga disaksikan penduduk setempat yang memenuhi amfiteater itu.

Setelah dibuka dengan berbagai pernyataan ISIS, video berdurasi 10 menit itu kemudian menampilkan para tahanan yang dirantai satu sama lain digiring keluar dari sel mereka.

Para tahanan itu kemudian dinaikkan ke beberapa truk yang menuju ke reruntuhan amfiteater Palmyra. Di sana, mereka kemudian dipaksa berlutut menghadap ratusan warga yang menonton, sembari mendengarkan vonis hukuman mati dibacakan.

Kamera video kemudian menyorot wajah beberapa tahanan yang sebelumnya sudah dipukuli. Lalu para algojo yang berusia antara 13 dan 15 tahun serta mengenakan seragam militer berdiri di belakang tiap-tiap tahanan.

Tak lama kemudian, para algojo belia itu melepaskan tembakan ke bagian belakang kepala para tahanan yang langsung tewas di tempat tersebut.

Video ini merupakan yang terbaru dari serangkaian publikasi kekejaman yang dilakukan kelompok militan itu. Sebelumnya, ISIS juga dikabarkan mengeksekusi puluhan orang, tak lama setelah mereka menguasai kota Palmyra pada akhir Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com