Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setidaknya 4 Orang Tewas akibat Gempa 6,4 SR di Xinjiang

Kompas.com - 03/07/2015, 16:20 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

XINJIANG, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) mengguncang Xinjiang, Tiongkok, Jumat (3/7/2015) pagi tadi. Menurut informasi yang dilansir AFP, gempa tersebut telah menewaskan setidaknya 4 orang dan melukai lebih dari 20 orang.

Berdasarkan catatan US Geological Survey (USGS), pusat gempa berada di Pishan, sebuah kota rural terpencil berpenduduk 258.000 jiwa di sebelah selatan Xinjiang. Banyak rumah tradisional di kawasan yang dihuni mayoritas etnik Uighur itu roboh begitu saja karena tidak mampu menahan kuatnya guncangan gempa dangkal dengan kedalaman 20 km itu.

Gempa susulan masih terus terjadi dengan skala yang lebih kecil. Gambar-gambar yang beredar di internet menggambarkan keterkejutan penduduk setempat atas gempa ini. Ada pula gambar reruntuhan bangunan yang roboh.

Tiongkok adalah negara yang rawan dilanda gempa. Tercatat pada bulan Mei 2008 gempa dahsyat berskala 7,9 SR menewaskan lebih dari 80.000 jiwa di Provinsi Sichuan. Bulan Oktober lalu gempa di Yunnan bermagnitud 6,0 SR melukai ratusan orang dan mengakibatkan lebih dari 100.000 penduduk kehilangan tempat tinggalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com