Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina di Tepi Barat

Kompas.com - 03/07/2015, 15:33 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Sejumlah tentara Israel menembak mati seorang remaja Palestina di Tepi Barat, Jumat (3/7/2015), setelah remaja itu melempar batu ke tempat patroli mereka. Demikian kata sumber-sumber medis dan keamanan Palestina.

Mohammad Kosba, 17 tahun, tewas tertembak dua peluru setelah melempar sejumlah batu terhadap kendaraan militer Israel di dekat pos pemeriksaan Qalandia, Ramallah selatan.

Seorang perempuan juru bicara militer Israel mengatakan, para tentara melepaskan tembakan setelah kendaraan mereka dirusak. "Pasukan itu telah meminta tersangka menghentikan (lemparan) dan melakukan tembakan peringatan ke udara. Setelah dia terus melempar batu dari jarak dekat dan dalam menanggapi bahaya, pasukan akhirnya menembak ke arah tersangka," kata juru bicara itu kepada AFP.

Ribuan warga Palestina berkumpul pada Jumat pagi di sebuah persimpangan di Tepi Barat. Mereka mencoba untuk mengakses Jerusalem untuk berdoa di kota tua itu. Demikian kata sumber-sumber keamanan Palestina.

Pembunuhan tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian kekerasan sejak awal Ramadhan. Bulan lalu seorang perempuan Palestina menikam dan melukai seorang tentara perempuan Israel di leher di sebuah pos pemeriksaan antara Jerusalem dan kota Betlehem di Tepi Barat.

Pada 29 Juni, seorang Palestina menembak sejumlah tentara Israel di sebuah pos pemeriksaan di Tepi Barat sebelum dia akhirnya ditembak mati. Seminggu sebelumnya, seorang warga Palestina dari Tepi Barat menikam seorang polisi Israel di dekat Kota Tua Jerusalem sebelum ditembak. Keduanya luka parah.

Pada 19 Juni, Jumat pertama Ramadhan, seorang warga Palestina menembak mati seorang pejalan kaki Israel di dekat kota Ramallah, Tepi Barat.

Israel telah menanggapi kekerasan itu dengan mencabut izin bagi warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat untuk mengunjungi kerabat mereka di Jalur Gaza dan telah membatasi akses warga Palestina ke Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com