Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Saudi Perintahkan Penyidikan atas Cendekiawan Pro-Ikhwanul Muslimin

Kompas.com - 03/07/2015, 10:30 WIB
KOMPAS.com - Raja Saudi, Salman, Kamis (2/7/2015), memerintahkan penyidikan dan pengadilan atas seorang cendekiawan yang pro-Ikhwanul Muslimin dan seorang pembawa acara televisi.

Situs web berita yang terkait pemerintah Saudi melaporkan hal itu. Perintah penyidikan itu  dikeluarkan setelah penayangan satu episode di sebuah televisi swasta yang mengritik kebijakan almarhum Raja Abdullah terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin yang dilarang tersebut.

Situs berita Sabq, mengutip pejabat Kementerian Informasi yang tidak disebut namanya, melaporkan pada Kamis bahwa Raja Salman juga melarang pembawa acara talk show Abdullah al-Modifer dan tamunya Mohsen al-Awaji tampil di media. Episode itu disiarkan di saluran televisi swasta Saudi, Rotana Khalijia, yang dilaporkan telah menghentikan siaran acara tersebut.

Dibawah pemerintahan Raja Abdullah, yang meninggal Januari lalu, Arab Saudi menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris dan mendukung tindakan keras Mesir terhadap kelompok tersebut.

Al-Awaji menyerukan rekonsiliasi dengan kelompok-kelompok Muslim dan mengatakan bahwa orang akan lupa pada Raja Abdullah dan pemerintahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com