Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Bunuh 150 Orang di Nigeria

Kompas.com - 03/07/2015, 09:50 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

MONGUNO, KOMPAS.com - Kelompok militan Boko Haram kembali beraksi di Nigeria, tepatnya di dua desa di pingiran kota Monguno yang terletak di sebelah utara Nigeria.

BBC, Jumat (3/7/2015), melaporkan, Boko Haram membunuh 150 orang, termasuk 48 warga yang baru saja selesai salat di masjid. Sejumlah warga menuturkan, militan Boko Haram menunggu sampai salat selesai dan kemudian memisahkan jemaah laki-laki dan perempuan.

Sejumlah jemaah laki-laki berhasil melarikan diri dalam tragedi itu. Adapun jemaah perempuan dilaporkan tidak ditembak. "Banyak orang tewas, dan beberapa melarikan diri. Mereka (Boko Haram) kemudian membakar desa," kata seorang saksi mata.

Mohammed Tahir, seorang anggota parlemen dari daerah pemilihan Monguno, mengatakan semua penduduk laki-laki dipaksa keluar. "Kelompok perlawanan Boko Haram tiba sekitar pukul 17.00 waktu setempat, dan memaksa semua laki-laki di desa untuk keluar. Mereka dipisahkan dengan perempuan dan sekitar 48 orang ditembak. Sekitar 13 orang yang mengalami luka-luka sekarang dirawat di Rumah Sakit Umum Monguno," kata Tahir.

Setelah sempat direbut pasukan pemerintah, kota Monguno kembali direbut Boko Haram.

Presiden baru Nigeria, Jenderal Muhammadu Buhari, berjanji prioritas uatamanya adalah menaklukan kelompok militan itu hingga ke akar-akarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com