Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 2 Tahun, Pria Ini Baru Sadar Ternyata Pelihara Beruang

Kompas.com - 03/07/2015, 04:15 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Entah apa yang ada dalam benak seorang pria di Yunnan, Tiongkok, sehingga dia tak bisa membedakan anjing dan beruang. Sebab, selama dua tahun, pria ini ternyata memelihara dua ekor beruang hitam Asia yang disangkanya anjing.

Wang Kaiyu, nama pria itu, adalah pemilik sebuah perkebunan pisang di kota Jinchang, tak jauh dari perbatasan Tiongkok-Vietnam. Dua tahun lalu, Wang berjumpa dengan seorang pria Vietnam yang membawa "dua ekor anak anjing" yang lucu.

Senang melihat kelucuan dua "anak anjing" itu, Wang memutuskan untuk membeli keduanya untuk dipelihara. Demikian dikabarkan harian situs berita China News. Selama dua tahun, Wang mengurus kedua hewan itu dengan penuh kasih sayang. Dia memberi makan, memandikan, dan memanjakan kedua "anak anjing" itu.

Wang bahkan mengatakan kedua hewan itu berperilaku baik dan sangat penurut. Namun, dia mengaku, semakin besar, nafsu makan keduanya semakin besar pula. Pria itu menambahkan, beberapa kali dia memergoki kedua binatang peliharaannya itu sedang menyantap ayam yang ada di peternakannya.

Suatu hari, Wang melihat poster tentang perlindungan hewan liar di sebuah pameran yang digelar dinas kehutanan setempat. Saat itulah Wang menyadari kesalahan yang diperbuatnya selama dua tahun terakhir.

Wang menyadari, tanpa disengaja, dia memelihara dua ekor hewan langka yang secara hukum dilindungi. Akhirnya, dia memutuskan untuk melaporkan masalah itu ke pihak kehutanan setempat.

Setelah merenungkan masalah ini, Wang memutuskan dia harus mengirimkan kedua beruang itu ke dinas kehutanan wilayah Maguan dengan harapan pemerintah akan memindahkan keduanya ke habitat yang lebih baik.

Pada akhir bulan lalu, polisi kehutanan Maguan menghubungi Pusat Rehabilitasi dan Penyelamatan Hewan Liar di Provinsi Yunnan. Petugas pusat rehabilitasi kemudian menjemput kedua beruang hitam itu dan membawanya untuk mendapatkan perlindungan.

Seorang juru bicara pusat rehabilitasi mengatakan, kedua beruang itu ternyata beruang jantan dan betina dan keduanya kini dalam kondisi kesehatan yang sangat baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com