Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Feri Terbalik di Filipina, 36 Orang Tewas

Kompas.com - 02/07/2015, 16:39 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Sebuah kapal feri yang membawa 173 orang penumpang di wilayah tengah Filipina tenggelam beberapa menit setelah meninggalkan pelabuhan, Kamis (2/7/2015).

Pasukan penjaga pantai mengatakan, setidaknya 36 orang tewas, 19 orang hilang, dan 118 orang penumpang selamat. Demikian dikabarkan CNN Filipina.

Kapal feri MB Nirvana baru saja meninggalkan Pelabuhan Ormoc City, Provinsi Leyte, menuju kota Pilar di Pulau Camotes, sebelah timur Cebu, pada tengah hari waktu setempat.

Kapal dengan panjang 27 meter itu tenggelam saat baru berlayar kurang dari 200 meter dari pelabuhan. Demikian penjelasan seorang perwira pasukan penjaga pantai Filipina, Letnan Christopher Ganet.

Ganet menambahkan, para penumpang yang selamat kini sudah dirawat di sejumlah rumah sakit di Ormoc City. Sementara itu, Kepala Palang Merah Filipina Richard Gordon mengatakan, dugaan awal terbaliknya kapal feri MB Nirvana itu adalah akibat terjangan angin yang sangat kuat.

Kapal feri merupakan salah satu sarana transportasi utama antarpulau di Filipina. Sayangnya, sebagian besar kapal yang digunakan tidak dirawat dengan baik. Kondisi ini memicu kerapnya kecelakaan laut yang menewaskan ratusan orang dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu bencana maritim terburuk di Filipina, juga di dunia, terjadi pada 1987. Saat itu, kapal feri Dona Paz menabrak sebuah kapal tanker yang menewaskan lebih dari 4.300 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com