Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Kanguru Kuasai Halaman Sebuah Sekolah di Australia

Kompas.com - 02/07/2015, 04:15 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Lantaran halaman sekolahnya semakin sering dikuasai kanguru, sebuah sekolah dasar di kota Longreach, negara bagian Queensland, Australia memutuskan melakukan pemusnahan hewan berkantung itu setiap akhir pekan demi menjaga keamanan dan kesehatan siswa.

Pengelola Sekolah Publik Longreach mengaku khawatir dengan keamanan para siswa karena semakin banyak kanguru yang menguasai daerah tertentu di lingkungan tempat tinggal mereka. Beberapa ekor kanguru bahkan bersikap sangat agresif.

Presiden Asosiasi sekolah Publik Longreach, Bill Ringrose mengatakan kekeringan yang melanda kawasan itu telah menyebabkan kanguru turun ke wilayah pemukiman untuk mendapatkan makanan.
 
Sehingga kanguru berkeliaran di pemukiman penduduk merupakan pemandangan umum di pusat kota Longreach yang terletak di wilayah barat tengah Queensland yang berjarak 12 perjalanan darat dari kota Brisbane.  
 
Dan belakangan semakin banyak kanguru itu pindah ke halaman sekolah untuk mencari makanan.

"Mengingat sekarang sedang musim kemarau, jadi sangat tidak mungkin menghentikan kanguru untuk tidak berkeliaran dan warga di sekitar kota Longreach dan kota-kota lain di wilayah ini sudah tahu betul betapa banyaknya kanguru yang berkeliaran di kota dan orang-orang harus berbagi jalan dengan hewan ini," ujar Ringrose.

"Jadi kita telah mengupayakan segalanya dan ini merupakan upaya terakhir kita tapi demi kepentingan keamanan anak-anak kita sendiri, yang harus diutamakan. Sayangnya kita sudah berupaya lama untuk mencoba cara ini dan menyelesaikan masalah ini," tambah dia.

Ringrose mengatakan para kanguru ini sangat berpotensi membahayakan dan juga membawa kutu yang bisa menyebarkan penyakit. "Semua orang tahu betapa kanguru telah menjadi hewan yang sangat teritorial atau menguasai suatu area, mereka kini mengambil alih area di halaman sekolah," lanjut Ringrose.

"Ini sangat menyulitkan petugas kita untuk mengusir mereka keluar dari halaman sekolah setiap harinya, hingga saat ini kangguru itu melawan petugas kami dan situasinya menjadi sangat membahayakan," ujar dia.
 
"Mereka kemudian juga makin sering berkeliaran pada saat jam sekolah dan kami sangat takut anak-anak murid kami diserang atau dipukul oleh kanguru-kanguru itu," papar Ringrose.
 
Menurut Ringrose, komite sekolah telah mendapatkan izin untuk memusnahkan kanguru yang masuk ke halaman sekolah mereka. Pemusnahan kanguru akan dilakukan pada Jum'at malam dan Sabtu pagi.
 
"Saat ini sangat umum terjadi sekawanan kangguru masuk ke dalam suatu daerah dan sejumlah properti milik organisasi dan juga sirkuit balap," katanya.
 
"Kami memiliki penembak kanguru profesional yang dapat memusnahkan hewan itu, dan Ia akan menggunakan senapan berkecepatan rendah," Ringrose menjelaskan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com