Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Arab Berencana Donasikan Semua Kekayaannya ke Lembaga Amal

Kompas.com - 02/07/2015, 04:08 WIB

KOMPAS.com - Miliuner Arab Saudi berencana memberikan kekayaannya sebesar 32 miliar dollar AS kepada badan amal. Miliuner tersebut adalah Pangeran Alwaleed bin Talal, salah satu orang terkaya di dunia.

Disebutkan, Alwaleed akan mendonasikan kekayaannya kepada kelompok yang mendorong kesehatan dan penolong bencana alam.

Pangeran yang berusia 60 tahun itu juga akan memberikannya kepada badan amal perempuan dan juga setiap lembaga yang memerangi penyakit.

Alwaleed tidak menyebutkan apakah rencananya itu akan memberi dampak terhadap perusahaan yang dia miliki.

Untuk informasi, Pangeran Alwaleed merupakan cucu dari Ibnu Saud, pendiri Kerajaan Arab Saudi. Ia memulai kerajaan bisnisnya dengan modal 30 ribu dollar AS yang didapat dari ayahnya dan 300 ribu dollar AS yang didapat dari pinjaman.

Kemudian, di tahun 2005, kekayaannya mencapai 10 miliar dollar AS. Dengan begitu juga, ia diberikan julukan "Buffet of Arabia" atau miliuner dari Arab.

Pangeran Alwaleed memiliki bisnis perhotelan di London yakni Savoy Hotel, Apple, Citigroup, dan News Corp.

Tak hanya itu, Alwaleed juga sebelumnya terkenal dengan pemberian 25 mobil bentley kepada tim sepakbola Arab Saudi, dan memberikan seluruh mobil Bentley miliknya kepada setiap pilot yang berperang di Yaman awal tahun ini.

Alwaleed pernah mengancam majalah Forbes karena telah meremehkan kekayaannya yang menempati posisi 26 sebagai orang terkaya di dunia

Untuk kehidupan pribadinya, Alwaleed menikahi Putri Amira Al-Taweel dan memiliki dua anak. Ia tercatat memiliki kapal yacht super mewah, jet pribadi, dan sekitar 200 mobil mewah termasuk Ferrari dan Lambhorghini.

Kepemilikan propertinya mencakup rumah dengan 420 kamar di Riyadh, yang memiliki kolam renang dan foto dirinya terpampang. Ia juga memiliki lahan seluas 120 hektar yang dijadikan area pertanian dan resort.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com