Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Polisi Kuwait Ditahan Terkait Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah

Kompas.com - 01/07/2015, 22:52 WIB
KUWAIT CITY, KOMPAS.com - Aparat keamanan Kuwait menangkap dua orang polisi dalam pengejaran anggota komplotan di belakang aksi bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah pekan lalu. Demikian sejumlah surat kabar setempat mengabarkan, Rabu (1/7/2015).

Selain menangkap kedua polisi itu, aparat keamanan Kuwait juga menemukan sejumlah senjata api, amunisi, peta dan sejumlah slogan dukungan untuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Semua benda itu ditemukan saat aparat keamanan menggerebek kediaman seorang mahasiswa dan seorang tersangka yang diduga menerima persenjataan itu dari para polisi. Demikian dikabarkan harian Al-Rai.

Sejak operasi penyelidikan aksi bom bunuh diri itu, kepolisian Kuwait sudah menahan 90 orang, meski Kementerian Dalam Negeri Kuwait belum memberikan komentarnya.

Sebelumnya, 10 orang tersangka antara lain warga Arab Saudi, Kuwait dan beberapa pendatang ilegal sudah diserahkan kepada kejaksaan untuk dituntut. Sebuah langkah yang mengindikasikan bahwa sebuah penyidikan kasus kriminal sudah dibuka.

Di antara ke-10 orang tersangka itu lima orang merupakan tersangka utama yang dituduh membantu pelaku bom bunuh diri yang berasal dari Arab Saudi.

Sejumlah pejabat Kuwait mengatakan, aksi bom bunuh diri itu dilakukan untuk memicu ketegangan sektarian di negeri yang mayoritas penduduknya memeluk Islam Sunni, namun umat Syiah Kuwait secara tradisional tetap bisa hidup dengan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com