Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Baru Pyongyang Resmi Beroperasi

Kompas.com - 01/07/2015, 21:10 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Rabu (1/7/2015), secara resmi mengoperasikan terminal baru di bandara internasional Pyongyang. Pembangunan terminal baru ini dilakukan untuk meningkatkan lebih banyak wisatawan ke negeri itu.

Proyek baru ini juga menjadi bagian dari pembenahan yang dilakuan menjelang perayaan ulang tahun berdirinya partai berkuasa di negeri itu pada Oktober mendatang.

Perdana Menteri Pak Pong Ju meresmikan beroperasinya terminal baru itu sekaligus menandai berakhirnya proyek pembangunan bandara Pyongyang yang berlangsung selama beberapa tahun.

Meski bangunan bandara ini cukup megah, namun bandara ini terbilang sepi. Hanya beberapa penerbangan internasional sepekan yang dilayani bandara tersebut, meski frekuensi penerbangan internasional mengalami peningkatan sejak tahun lalu.

Saat diresmikan, hanya dua maskapai penerbangan yang dijadwalkan terbang dari bandara baru itu yaitu maskapai penerbangan Korea Utara Air Koryo dan Air China.

Bangunan terminal penerbangan internasional yang baru sebenarnya berukuran sama dengan terminal lama yang sudah terlebih dahulu beroperasi. Namun, ukuran terminal baru ini jauh lebih besar dari terminal sementara yang digunakan selama pembangunan berlangsung.

Dalam beberapa tahun terakhir, jalur penerbangan internasional reguler dari Pyongyang hanya ke Beijing dan Shenyang di China, selain ke Vladivostok, Rusia. Maskapai Air Koryo terkadang melayani penerbangan jarak jauh misalnya ke Malaysia atau Kuwait. Namun, penerbangan itu bukanlah jadwal reguler maskapai tersebut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sangat antusias dengan pembangunan fasilitas baru di bandara itu. Dan, media Korea Utara selalu mengabarkan peninjauan yang dilakukan Kim Jong Un selama dua tahun terakhir.

Dalam salah satu peninjauan tahun lalu, media pemerintah Korea Utara mengabarkan kritik yang dilontarkan Kim Jong Un terkait adanya cacat konstruksi di terminal baru bandara itu.

Biasanya sangat jarang media Korea Utara mengabarkan sebuah masalah di dalam negeri itu. Namun, semenjak Kim Jong Un berkuasa dalam beberapa kesempatan kritik sang pemimpin selalu dipublikasikan media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com