Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Saudi Sediakan Rp 427 Triliun untuk Kegiatan Amal

Kompas.com - 01/07/2015, 18:45 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi, Rabu (1/7/2015), menjanjikan donasi sebesar 32 miliar dollar AS atau sekitar Rp 427 triliun untuk berbagai kegiatan amal selama beberapa tahun ke depan.

Dalam pernyataan resminya, Pangeran Alwaleed mengatakan, donasi ini diharapkan bisa membantu untuk membangun jembatan antar-kebudayaan, membangun komunitas, memberdayakan perempuan, meningkatkan keterampilan pemuda, menyediakan program tanggap bencana yang baik, serta menciptakan sebuah dunia yang lebih toleran.

"Donasi ini akan dialokasikan berdasarkan pada rencana yang sudah disusun untuk beberapa tahun ke depan. Namun, tidak ada tenggat waktu atau jadwal tertentu terkait penggunaan donasi," kata Alwaleed.

Pangeran Alwaleed menambahkan, dia akan mengetuai dewan perwalian yang akan mengurus penggunaan uang itu. Dia menegaskan, donasi itu akan tetap dapat digunakan untuk proyek-proyek kemanusiaan, bahkan setelah dia meninggal dunia.

Dalam sebuah jumpa pers, Pangeran Alwaleed mengatakan, langkahnya itu diilhami Yayasan Bill dan Melinda Gates serta berbagai dana kemanusiaan lain di Amerika Serikat.

"Ini (donasi) sama sekali terpisah dari kepemilkan saya di Kingdom Holding," ujar Alwaleed kepada sejumlah wartawan di kantornya di Riyadh.

Selain menanamkan investasi di bidang media, Kingdom Holding juga memiliki saham di berbagai jenis usaha di seluruh dunia, mulai dari Disneyland Eropa, jaringan hotel Four Seasons, hingga Citigroup.

Pangeran Alwaleed adalah anggota Kerajaan Arab Saudi dan merupakan keponakan almarhum Raja Abdullah yang meninggal dunia pada Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com