Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 10 Tahun, Warga China Semakin Gemuk dan Tinggi

Kompas.com - 01/07/2015, 18:23 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China mengatakan rakyat negeri itu kini semakin tinggi dan gemuk seiring dengan semakin makmurnya negeri itu. Demikian laporan yang dibuat Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa angka obesitas di antara penduduk dewasa China mencapai 9,6 persen pada 2012.

Angka ini melonjak lebih dari dua kali lipat dalam satu dekade terakhir. Sementara persentase warga yang kelebihan berat badan meningkat dari 7,1 menjadi 11,9 persen dalam periode yang sama.

Sementara angka obesitas untuk warga berusia enam hingga 17 tahun meningkat jauh lebih dramatis yaitu lebih dari tiga kali lipat dari 2,1 menjadi 6,4 persen dalam satu dekade.

"Masalah kelebihan berat badan dan obesitas meningkat tajam seiring dengan perubahan jenis makanan," kata Wang Guoqiang, wakil direktur komisi dalam sebuah jumpa pers.

Dalam 10 tahun terakhir, bobot tubuh rata-rata warga China meningkat 3,5 kilogram. Sehingga kini berat rata-rata warga China adalah 66,2 kilogram. Sementara berat tubuh perempuan China juga naik 2,9 kilogram menjadi 57,3 kilogram.

"Merokok, minum minuman keras secara berlebihan, olahraga yang tak tepat dan makanan tak sehat misalnya terlalu banyak garam dan lemak merupakan faktor risiko yang bisa memicu penyakit-penyakit kronis," tambah Wang.

"Tekanan yang dibawa perkembangan yang cepat dan transformasi ekonomi serta lingkungan terhadap kehidupan manusia juga memberikan dampak terhadap kesehatan," lanjut Wang.

Tak hanya bobot tubuh yang meningkat, ternyata dalam satu dekade terakhir tinggi tubuh rata-rata warga China juga bertambah. Pada 2012 tinggi rata-rata pria China adalah 167,1 sentimeter dan perempuan 155,8 sentimeter.

Dalam 10 tahun terakhir tinggi tubuh pria China bertambah 0,4 sentimeter dan perempuan bertambah 0,7 sentimeter.

Namun, angka ini masih jauh dibandingkan Belanda, negeri dengan rata-rata penduduk bertubuh paling tinggi di dunia. Rata-rata, pria Belanda memiliki tinggi tubuh 184 sentimeter dan perempuan 171 sentimeter.

Data ini juga menunjukkan rata-rata warga China bertubuh sedikit lebih pendek dibanding warga negeri-negeri tetangga seperti Korea Selatan dan Jepang. Demikian dilaporkan harian China Daily, Rabu (1/7/2015).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com