Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak Turis di Tunisia Beraksi di Bawah Pengaruh Kokain

Kompas.com - 01/07/2015, 17:07 WIB
TUNIS, KOMPAS.com - Hasil otopsi terhadap jenazah Seiffidine Rezgui, pelaku penembakan di daerah wisata Tunisia yang menewaskan lebih dari 30 orang itu, menunjukkan Rezgui berada di bawah pengaruh narkoba saat melakukan aksinya.

Hasil otopsi menunjukkan pria itu menggunakan stimulan, yang diyakini adalah kokain, sebelum dia beraksi melakukan penembakan di pantai dan hotel di lokasi turis di pantai Laut Tengah.

Hasil otopsi ini kemudian bisa menjelaskan mengapa Rezgui terlihat tertawa-tawa di tengah kekacauan yang dibuatnya itu. Selain itu akibat "teler" berat, Rezgui juga diyakini gagal meledakkan bom yang ditemukan di dekat jasadnya.

Kecurigaan Rezgui menggunakan narkoba muncul bersamaan ketika diketahui pria itu memiliki kekasih di kota pelajar Kairouan, tempat dia merencanakan aksinya.

Menyuntikkan obat-obatan terlarang ke dalam tubuh seseorang yang akan beraksi merpakan cara-cara klasik ISIS, terutama mereka yang merupakan veteran perang Irak. Praktik serupa juga digunakan pasukan Fedayeen bentukan bekas diktator Irak Saddam Hussein dan kini cara serupa digunakan ISIS di medan pertempuran.

Saat ini pemerintah Tunisia mengerahkan lebih dari 1.000 personel polisi ke berbagai kota, resor wisata dan hotel di negeri itu untuk melacak dua rekan Rezgui. Polisi kini juga tengah memeriksa iPhone milik Rezgui yang diambil dari pesisir kota Sousse untuk melacak kawan-kawan Rezgui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com