Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Kuba Akan Umumkan Pembukaan Kedutaan Besar

Kompas.com - 01/07/2015, 16:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat dan Kuba akan mengumumkan pembukaan kedutaan besar di masing-masing ibu kota, pada Rabu (1/7/2015) waktu AS.

Pengumuman itu merupakan langkah besar dalam pemulihan kembali hubungan diplomatik kedua negara yang putus sejak 1961. Demikian diungkapkan seorang pejabat senior AS yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Hingga saat ini belum diperoleh informasi apakah Presiden Barack Obama yang akan langsung menyampaikan pengumuman itu atau lewat pernyatan pers Gedung Putih.

Hubungan kedua negara memburuk sejak pemerintah Washington memberlakukan embargo perdagangan tak lama setelah memutus hubungan dengan Havana.

Langkah itu ditempuh sebagai tanggapan atas revolusi di Kuba yang mengantarkan pemerintah Komunis pimpinan Fidel Castro ke kursi kekuasaan di Kuba.

Namun, pemerintah AS dan Kuba sepakat untuk memulihkan hubungan pada akhir tahun lalu. Dan pada Mei tahun ini Washington mencabut Kuba dari daftar negara yang mendukung terorisme.

Rencana untuk membuka jalur transportasi lewat feri dan penerbangan juga sudah diumumkan namun larangan atas warga Amerika Serikat untuk terbang ke Kuba masih diterapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com