Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Boikot Miss Universe karena Komentar Rasial Donald Trump

Kompas.com - 01/07/2015, 14:37 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Meksiko yang selalu menjadi favorit di kontes kecantikan Miss Universe memutuskan untuk memboikot kontes ratu sejagad itu tahun ini. Skynews melaporkan, Rabu (1/7/2015), pemboikotan dilakukan sebagai bentuk kemarahan terhadap komentar rasialis Donald Trump mengenai Meksiko.

Trump, taipan real estate, merupakan pemilik hak pergelaran Miss Universe.

Lupita Jones, Direktur Organisasi Kontes Ratu Kecantikan Meksiko mengecam Trump yang dinilainya telah merusak kontes Miss Universe yang selalu mengedepankan tradisi menyatukan banyak negara dari seluruh dunia sebagai bentuk persahabatan di tengah budaya yang berbeda. Pengusaha berumur 69 tahun itu menuai kontroversi ketika mendeklarasikan pencapresannya dengan mengecam Meksiko, tetangga Amerika, yang menurutnya selalu mengirim manusia-manusia terburuk mereka termasuk kriminal pemerkosa, dan pecandu narkoba ke negeri Paman Sam.

"Mereka (Meksiko) tidak mengirim orang yang tepat untuk kita, mengirim orang yang memiliki sangat banyak masalah dan membawa masalahnya ke negara ini " tegasnya. "Amerika telah menjadi tempat penampungan orang-orang ini" kecamnya. Pengusaha eksentrik ini berjanji akan membangun tembok yang sangat kuat di perbatasan dan memastikan Meksiko akan membayar mahal perbuatan mereka.

Jones menyebut dirinya sangat tersinggung dan marah seperti pihak-pihak lain yang juga memutuskan mengakhiri kerjasama dengan Trump.

Sebelumnya, stasiun televisis raksasa Amerika NBC, stasiun televisi Meksiko Univision, dan orang nomor dua terkaya di dunia Carlos Slim memutuskan "memecat" Trump Univision. NBC mengakhiri penyiaran acara kontes kecantikan Miss USA dan Miss Universe.

Carlos Slim yang merupakan taipan media berkebangsaan Meksiko juga membatalkan kerjasama antara televisi yang dimilikinya Ora TV dengan Trump. "Pernyataannya sungguh tidak dapat diterima, tidak mungkin bisa bekerjasama dengan orang yang pemikirannya sangat tertutup" tutur Arturo Elias, menantu laki-laki Slim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com