Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Ledakkan Bom Mobil di Ibu Kota Yaman, 28 Tewas

Kompas.com - 30/06/2015, 17:52 WIB
SANA'A, KOMPAS.com - Serangan terhadap para pemimpin milisi Houthi di ibu kota Yaman, Sana'a, Selasa (30/6/2015), yang diklaim Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menewaskan sedikitnya 28 orang.

Bom mobil ini mengincar dua pria bersaudara pimpinan pemberontah Houthi Faycal dan Hamid Jayache saat keduanya tengah melayat salah seorang kerabat yang meninggal dunia. Demikian sumber keamanan Yaman.

Pasukan Houthi kemudian menutup kawasan di sekitar lokasi ledakan di pusat kota Sana'a dan hanya mengizinkan tim medis memasuki kawasan itu untuk membantu evakuasi korban.

Ledakan bom mobil itu mengakibatkan lubang besar di jalan, menghancurkan sejumlah dinding bangunan dan menyebarkan puing-puing di jalanan.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ISIS ke internet, kelompok itu mengaku mendalangi serangan terhadap tempat yang disebutnya sebagai "sarang Syiah".

ISIS menganggap pemeluk Syiah adalah kelompok bidaah dan sudah beberapa kali menyerang umat Syiah tak hanya di Yaman namun di berbagai negara Timur Tengah.

Sebelumnya ISIS juga menyatakan bertanggung jawab atas aksi bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Kuwait yang menewaskan 27 orang dan melukai 227 orang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com