Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Pesan Audio "Pengantin" Masjid Syiah Kuwait

Kompas.com - 29/06/2015, 19:31 WIB
KUWAIT CITY, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin (29/6/2015),  merilis sebuah pesan audio yang diklaim sebagai suara pelaku bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di Kuwait pada Jumat pekan lalu yang menewaskan 27 orang.

Dalam pesan audio yang diunggah lewat saluran media sosial yang biasa digunakan ISIS, pria itu mengkritik umat Muslim Syiah dan mengatakan mereka (Syiah) harus siap menerima balasan karena menghina Islam.

Sebelumnya, pemerintah Kuwait menyebut pelaku pengeboman itu adalah Fahd Suliman Abdul-Muhsen al-Qabaa, warga negara Arab Saudi.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan Al-Qabaa masuk ke Kuwait melewati Bahrain dan menyatakan pria ini sebelumnya tidak memiliki kaitan apapun dengan kelompok-kelompok militan.

Pada Sabtu lalu, kepolisian Kuwait menahan seorang pengemudi yang diduga mengantarkan Al-Qabaa ke masjid tempat dia meledakkan dirinya. Demikian kantor berita Kuwait KUNA mengabarkan.

Pengemudi bernama Abdulrahman Sabah Eidan Saud, yang digambarkan sebagai warga ilegal itu, membawa sang "pengantin" ke masjid Al-Imam Al-Sadeq di pusat kota Kuwait City.

Sebelum beraksi, Al-Qabaa bersembunyi di sebuah rumah di distrik Al-Rigga, provinsi Al-Ahmadi, wilayah selatan Kuwait. Aparat keamanan Kuwait akhirnya menangkap pemilik rumah utu yang adalah warga negeri itu yang disebut sebagai anggota kelompok fundamentalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com