Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Thailand Arak Boneka Doraemon dalam Ritual Memanggil Hujan

Kompas.com - 29/06/2015, 17:15 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Di berbagai belahan dunia, terdapat banyak cara yang digunakan warga untuk menggelar ritual memanggil hujan. Ritual semacam ini biasanya melibatkan para dukun atau pawang hujan.

Namun, warga Wang Luang, Thailand, memiliki cara lain dan terbilang unik untuk memanggil hujan. Alih-alih menggunakan jasa dukun atau pawang hujan, para petani di wilayah ini justru menggunakan boneka Doraemon untuk memanggil hujan. Demikian dilaporkan harian The Bangkok Post, Senin (29/6/2015).

Menyusul kemarau panjang yang melanda distrik ini, ritual meminta hujan akhirnya digelar. Rattakarn Jantanu, Kepala Distrik Wang Luang, menyatakan, penduduk desa sepakat untuk melaksanakan ritual tradisional ini.

Namun, Jantanu menambahkan, jika mereka menggunakan kucing hitam, muncul kekhawatiran akan muncul kritikan bahwa telah terjadi penganiayaan hewan. Akhirnya, setelah tidak dapat menemukan boneka kucing yang layak, Doraemon, yang merupakan karakter robot kucing populer dalam film animasi Jepang, menjadi pilihan.

Warga kemudian meletakkan boneka Doraemon di dalam sebuah kandang yang terbuat dari kayu. Di dinding kandang sebelah luar, gambar robot kucing itu kemudian ditempelkan. Selanjutnya, warga desa kemudian mengarak Doraemon untuk mengelilingi desa sambil berdoa meminta hujan.

Sayangnya, prosesi mengarak Doraemon ternyata belum berhasil mendatangkan hujan yang diharapkan. "Walaupun ritual belum berhasil, warga tetap bahagia dan mereka merasa lebih nyaman," tutur Jantanu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com