Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah Kuwait, 13 Tewas

Kompas.com - 26/06/2015, 18:52 WIB
KUWAIT CITY, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri beraksi di sebuah masjid Syiah di Kuwait City pada saat ibadah shalat Jumat digelar. Akibatnya, 13 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka.

Sejumlah pejabat mengatakan ledakan bom itu terjadi di masjid Al-Imam al-Sadeq di ibu kota Kuwait itu, Jumat (26/6/2015). Sementara kantor berita Kuwait, KUNA, membenarkan belasan orang tewas namun tak memberikan rincian jumlah korban.

Seorang pejabat keamanan mengatakan, ledakan itu merupakan aksi bom bunuh diri. Pernyataan ini didukung sejumlah saksi mata yang mengatakan pelaku bom bunuh diri memasuki masjid di saat tempat itu dipenuhi umat yang sedang menjalankan ibadah shalat Jumat.

Serangan ini adalah yang pertama menimpa masjid Syiah di Kuwait. Umat Syiah Kuwait berjumlah sepertiga dari 1,3 juta total warga negeri kaya minyak itu.

Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas aksi tersebut. Namun sebelumnya ISIS mengaku bertanggung jawab dalam sejumlah serangan terhadap sejumlah masjid Syiah di Arab Saudi dan Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com