Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bea Cukai China Sita Daging Beku Berusia 40 Tahun

Kompas.com - 24/06/2015, 21:43 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Aparat Bea dan Cukai China menyita tumpukan daging beku selundupan bernilai 483 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,4 triliun. Di antara daging beku yang disita itu termasuk daging yang berusia lebih dari 40 tahun dan daging yang telah busuk.

Daging beku yang disita meliputi 100.000 ton sayap ayam, daging sapi, dan babi, lewat operasi di berbagai daerah. Pihak berwenang mengatakan sebagian besar daging beku sitaan merupakan impor dari negara-negara lain melalui Vietnam.

"Bau sekali, dan saya hampir muntah ketika saya membuka pintu," kata seorang petugas di Provinsi Hunan setelah membuka pintu tempat penyimpanan daging beku itu.

Disebutkan karena standar penyimpanan makanan buruk, dalam pengiriman daging beku sering mencair dan kemudian dibekukan lagi.

Terkait dengan penyitaan daging beku selundupan, aparat keamanan mengamankan sedikitnya 20 orang yang diduga anggota kelompok kriminal. Namun belum diketahui apakah daging beku selundupan yang disita itu telah dimusnahkan.

Media setempat, dengan mengutip sumber-sumber industri makanan, melaporkan daging sapi biasanya diselundupkan melalui Hongkong dan Vietnam dari India dan Brasil untuk menghindari pembatasan impor di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com