Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM India Mendadak Pimpin Latihan Yoga

Kompas.com - 22/06/2015, 01:58 WIB

KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi memberi kejutan dengan memimpin program yoga yang diikuti puluhan ribu peserta di ibukota, Delhi, pada Hari Yoga Internasional yang untuk pertama kalinya diselenggarakan.

Modi melakukan berbagai gerakan tubuh dan helaan nafas bersama sekitar 35.000 siswa, pegawai negeri, dan tentara.

Penjagaan keamanan sangat ketat di seantero kota, ribuan polisi dan paramiliter dikerahkan untuk mengamankan acara selama 35 menit di Minggu pagi itu.

Jutaan orang lain juga diagendakan melakukan yoga di acara sejenis di ratusan kota India, dan di berbagai kota dunia.

Modi praktisi Yoga yang mengaku melakukannya setiap hari, adalah tokoh utama yang berhasil melobi PBB untuk menyatakan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

Ribuan tikar yoga berwarna warni digelar di Rajpath - Avenue Sang Raja - tempat dilangsungkannya acar itu di Delhi.

Sebelumnya, para pejabat diberi tahu bahwa Modi memang akan datang, namun untuk berpidato, bukan untuk yoga. Namun Modi mengejutkan massa dengan turut berlatih yoga.

Acara yang disebut dimaksudkan untuk menyebarkan "harmoni dan perdamaian" itu sempat dikecam oleh sejumlah pemimpin Islam India yang menyebut Yoga adalah tradisi keagamaan Hindu yang bertentangan dengan Islam. Hal yang dibantah pemerintah Modi.

Ada juga yang menuding, pemerintah Hindu nasionalis pimpinan Modi punya agenda tersendiri dalam mempromosikan tradisi kuno India itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com