Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Sukses Buat Piza Sepanjang 1,5 Kilometer

Kompas.com - 21/06/2015, 07:00 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Italia, Sabtu (20/6/2015), mencetak rekor dunia baru dalam hal membuat piza terpanjang di dunia yaitu piza margherita sepanjang lebih dari 1,5 kilometer yang disajikan di ajang Milan Expo 2015.

Juri dari Guinness World Record Lorenzo Veltri memberikan mahkota juara dunia kepada Italia untuk piza sepanjang 1.595,45 meter yang dibuat dari 1.500 kilogram tomat, lebih dari 1,5 ton mozzarella dan banyak minyak zaitun.

Piza super panjang itu dibuat 80 orang juru masak dari seluruh penjuru Italia. Piza ini memerlukan waktu memasak sekitar tiga menit untuk tiap meternya. Piza ini dimask di lima oven khusus yang dibuat untuk memperingati 126 tahun piza margherita.

Kerja keras para koki Italia itu terbayarkan setelah piza itu berhasil mematahkan rekor lama yang dipegang Spanyol dengan piza sepanjang 1.141,5 meter.

Warga yang gembira dengan pencapaian ini berkumpul di sepanjang piza berlumur keju yang diletakkan di atas lebih dari 800 meja itu. Piza itu kemudian disajikan untuk 30.000 orang pengunjung Milan Expo dan sekitar 300 meter piza itu akan diserahkan kepada bank makanan Milan, Banco Alimentare.

Resep piza margherita pertama kali diciptakan koki Raffaele Esposito pada 1889. Juru masak kedai piza Brandi itu awalnya membuat makanan tersebut untuk Istana Bourbon, Napoli khususnya untuk Ratu Regina Margherita.

Para pecinta piza berharap rekor ini bisa membantu meningkatkan dukungan internasional untuk upaya Italia memasukkan piza ke dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com