Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump mencalonkan diri untuk pilpres AS 2016

Kompas.com - 17/06/2015, 06:34 WIB

KOMPAS.com - Pengusaha raksasa properti, Donald Trump, mengumumkan akan mengajukan diri sebagai bakal calon presiden Amerika Serikat dalam pemilihan tahun 2016.

Trump -yang merupakan anggota Partai Republik- belum pernah mencalonkan diri sebelumnya walau sering membahas kemungkinan itu.

"Saya secara resmi mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat dan kita akan membuat negara kita hebat kembali," katanya kepada para pendukungnya di Menara Trump yang terkenal di New York.

Dia menambahkan kekayaannya akan membuatnya menjadi presiden yang efektif.

"Negara kita berada dalam masalah serius. Kita tidak punya kemenangan lagi. Kapan terakhir kali orang melihat kita mengalahkan, sebutlah, China dalam kesepakatan dagang?"

"Mereka membunuh kita. Saya selalu mengalahkan China," tegasnya.

Pengumuman Trump ini, Selasa 16 Juni, disampaikan sehari setelah Jeb Bush menyatakan diri sebagai bakal calon presiden dari Partai Republik.

Bush yang berusia 62 tahun -yang ayah dan kakaknya pernah menjadi presiden Amerika Serikat- berjanji untuk memulihkan negara, yang menurutnya berada di jalan yang salah.

Saat menyatakan pencalonannya, Trump juga mengatakan 'akan segera' menghentikan perintah eksekutif Presiden Barack Obama, yang mencegah pendatang tanpa dokumen dideportasi.

"Menyedihkan, mimpi Amerika sudah mati," katanya.

Trump menjadi anggota Partai Republik ke-12 yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden untuk pemilihan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com