Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Hampir Selesaikan Pulau Buatan di Laut China Selatan

Kompas.com - 16/06/2015, 16:35 WIB


Tiongkok mengeluarkan pernyataan, Selasa (16/6/2015), bahwa negara itu akan segera menyelesaikan reklamasi pulau buatan di Laut China Selatan dan akan terus membangun pulau-pulau buatan lainnya.

Langkah Tiongkok membuat pulau buatan di wilayah yang tengah menjadi sengketa antarnegara itu telah menimbulkan ketegangan dari negara-negara lain yang turut mengklaimnya.

"Proyek reklamasi tanah pembangunan Tiongkok di beberapa pulau dan karang Kepulauan Nansha itu akan diselesaikan dalam beberapa hari mendatang," demikian menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Tiongkok menyebut pulau tersebut menggunakan nama khasnya untuk menggantikan sebutan Spratly Islands.

Pernyataan tersebut tidak meneyebutkan tanggal penyelesaian. Tiongkok hanya memastikan pulau tersebut dibangun bagi tujuan sipil bukan militer. Reklamasi dilakukan di atas pulau-pulau dan karang yang sebelumnya tidak berpenduduk dalam jalur pelayaran yang strategis itu.

"Upaya itu wajar dan sah. Ini tidak mempengaruhi dan tidak melawan negara manapun dan tidak mempengaruhi kebebasan berlayar negara-negara dan penerbangan di Laut China Selatan," lanjut pernyataan tersebut.

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang menentang proyek pembangunan pulau seluas 700 hektare itu. Mereka menyebut sebagian dari pembangunan pulau itu tampaknya mempunyai tujuan militer, termasuk sistem radar peringatan dini, barak militer, dan landasan pacu. 

Bulan lalu, Amerika Serikat juga mengatakan Tiongkok telah memasukkan kendaraan-kendaraan artileri ke pulau-pulau itu, meskipun kendaraan-kendaraan tersebut sekarang telah dipindahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com